Thursday, November 14, 2013

Ledakan Materi Berat Jet Lubang Hitam 4U1630-47

Laporan Penelitian - Ledakan heavy metal lubang hitam. Para astronom menemukan atom berat materi jet energi tinggi menjadi ledakan keluar atas kebiasaan makan lubang hitam.

Lubang hitam massa bintang sering ditemukan berpesta materi dari bintang pendamping. Materi mengalir dari bintang ke lubang hitam, berputar-putar dalam piringan di sekitarnya dengan suhu sangat tinggi sehingga memancarkan sinar-X.

Lubang hitam yang rewel makan kadang-kadang meludahkan sebagian kecil dalam bentuk 2 jet kuat partikel. Komposisi atom membantu menjawab pertanyaan panjang apa make up yang menyebabkan berputar atau berkecepatan mendekati cahaya.

"Ini 2 masalah cukup mendasar," kata James Miller-Jones, astronom Curtin University di Perth.

Jet mengandung elektron spiral di sekitar garis medan magnet, memberi off gelombang radio. Elektron memiliki muatan negatif, namun para astronom tidak mampu mendeteksi muatan negatif secara keseluruhan dalam jet yang juga harus mengandung partikel bermuatan positif.


"Sampai saat ini tidak jelas apakah muatan positif datang dari positron, mitra antimateri dari elektron, atau dari atom bermuatan positif," kata Miller-Jones.

Australia Telescope Compact Array dan ESA XMM-Newton Space Telescope menangkap gelombang radio dan sinar-X lubang hitam 4U1630-47 yang sedang menyantap bintang pendamping. Miller-Jones dan rekan mendeteksi emisi radio yang datang dari jet lubang hitam.

Tapi mereka juga menemukan tanda tangan ion bermuatan positif nikel dan besi. Data juga menunjukkan atom bepergian sekitar 198.000 kilometer per detik, ukuran paling akurat yang pernah dilaporkan kecepatan jet dari lubang hitam massa bintang.

"Ionisasi atom besi dan nikel bergerak 2 per 3 kecepatan cahaya dan tegak lurus ke disk materi yang berputar-putar di sekitar lubang hitam. Ini harus memberikan muatan positif," kata Miller-Jones.

"Sebuah inti hidrogen sekitar 1800 kali massa elektron atau positron, sementara core besi 100.000 kali lebih besar. Jet jauh lebih berat dan bisa membawa pergi lebih banyak energi dari lubang hitam," kata Miller-Jones.
María Díaz Trigo (European Southern Observatory, Karl-Schwarzschild-Strasse 2, 85748 Garching bei München, Germany) et al. Baryons in the relativistic jets of the stellar-mass black-hole candidate 4U 1630-47. Nature, 13 November 2013, DOI:10.1038/nature12672
Gambar: J. Miller-Jones, ICRAR/R. Hynes
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment