Skip to main content

Kumbang Badak Oryctophileurus guerrai Bolivia

LaporanPenelitian.com - Spesies baru Kumbang Badak (Oryctophileurus guerrai) di Bolivia. Entomolog Bolivia dan Brasil mendeskripsi spesies baru kumbang langka genus Oryctophileurus dari hutan Southern Andes Bolivia.

"Spesies ini dinamai teman dan kolega kami, Fernando Guerra, atas komitmen seumur hidup menyelidiki fauna Bolivia," kata Robert Perger, entomolog Colección Boliviana de Fauna di La Paz.

"Partisipasinya dalam survei di selatan Andes Bolivia memberikan temuan dan deskripsi beberapa taksa yang sebelumnya tidak diketahui dan juga yang pertama mengumpulkan individu Oryctophileurus guerrai," kata Perger.


Oryctophileurus guerrai menyerupai Oryctophileurus armicollis, tetapi dapat dibedakan dengan jarak antara gigi bagian dalam pada tonjolan dorsal pronotal dan pada wanita dengan gigi bagian dalam dipisahkan oleh hanya retakan kecil.

Dua spesimen baru terdiri dari laki-laki dan perempuan Oryctophileurus guerrai dikumpulkan di zona penyangga barat laut Tariquía Flora and Fauna National Reserve, department of Tarija, Bolivia.

"Oryctophileurus guerrai hanya diketahui dari daerah barat laut Tariquía National Reserve di selatan Bolivia Andes. Hutan subandine subhumid, semi-deciduous, hutan Tucuman Bolivia dengan suhu tahunan rata-rata 18,7oC dan curah hujan tahunan 1.334 mm.
Revision of the rhinoceros beetle genus Oryctophileurus Kolbe with description of a new species, the male of O. varicosus Prell, and notes on biogeography (Scarabaeoidea, Dynastinae, Phileurini)

Robert Perger1, Paschoal Coelho Grossi2,3
  1. Colección Boliviana de Fauna. Casilla 10077, Correo Central. La Paz, Bolivia
  2. Universidade Federal do Paraná, Centro Politécnico, Departamento de Zoologia, Caixa Postal 19007, CEP, 81531-980, Curitiba, Paraná, Brazil
  3. Departamento de Biologia e Zoologia, Instituto de Biociências, Universidade Federal de Mato Grosso – UFMT, Av. Fernando Corrêa da Costa, 2367, Boa Esperança, CEP 78060-900, Cuiabá, MT, Brazil
ZooKeys, 1 November 2013

Akses : DOI:10.3897/zookeys.346.6114

Gambar: R. Perger, P.C. Grossi, DOI:10.3897/zookeys.346.6114

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…