Skip to main content

Katai Coklat WISE 0013+0634 dan WISE 0833+0052

LaporanPenelitian.com - Brown dwarf tertua di Bima Sakti. Astronom melihat 2 katai coklat tertua di galaksi kita. Dingin tanpa panas internal fusi nuklir, bintang tua semakin memudar seiring waktu mendekati senja, katai coklat terbentuk 10 miliar tahun lalu di galaksi kita sendiri.

Teleskop NASA Wide-field Infrared Survey Explorer menemukan WISE 0013+0634 dan WISE 0833+0052 di rasi Pisces dan Hydra. Mereka bergerak dengan kecepatan 100-200 km per detik, jauh lebih cepat dari bintang normal dan katai coklat lain

Cahaya inframerah memancar dari benda-benda ini tidak biasa dibanding khas katai coklat lain. Tanda tangan spektral mencerminkan atmosfer kuno yang hampir seluruhnya terdiri dari hidrogen daripada elemen berat yang biasanya lebih berlimpah pada bintang muda.


"Tidak seperti kehidupan lainnya, anggota galaksi tertua bergerak jauh lebih cepat dibanding penduduk yang lebih muda," kata David Pinfield, astronom University of Hertfordshire.

Bintang terdiri dari 3 populasi tumpang tindih. Disk tipis, disk tebal dan halo. Disk tebal jauh lebih tua dari disk tipis dan bergerak naik dan turun dengan kecepatan lebih tinggi. Kedua komponen disk duduk dalam halo yang berisi sisa-sisa bintang pertama di Galaksi.

"Kedua katai coklat mungkin ujung gunung es dan bagian menarik arkeologi astronomi," kata Pinfield.
A deep WISE search for very late type objects and the discovery of two halo/thick-disk T dwarfs: WISE 0013+0634 and WISE 0833+0052

D. J. Pinfield, J. Gomes, A. C. Day-Jones, S. K. Leggett, M. Gromadzki, B. Burningham, M. T. Ruiz, R. Kurtev, T. Cattermole, C. Cardoso, N. Lodieu, J. Faherty, S. Littlefair, R. Smart, M. Irwin, J. R. A. Clarke, L. Smith, P. W. Lucas, M. C. Galvez-Ortiz, J. S. Jenkins, H. R. A. Jones, R. Rebolo, V. J. S. Bejar, B. Gauza

arXiv (Submitted on 2 Aug 2013)

Akses : arXiv:1308.0495

Gambar: D. J. Pinfield et al.

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…