Tuesday, November 5, 2013

India Luncurkan Satelit Mangalyaan ke Planet Mars

Laporan Penelitian - India berhasil luncurkan wahana Planet Mars. Polar Satellite Launch Vehicle meroketkan pengorbit Planet Merah yang lepas landas pada 09:08 GMT dari Satish Dhawan Space Centre di pantai timur.

Satelit Mangalyaan seberat 1.350 kilogram mengorbit elips di sekitar Bumi, setelah serangkaian manuver teknis dan ledakan pendek akan meningkatkan orbitnya sebelum dorongan ketapel menuju Planet Mars dalam perjalanan 780 juta kilometer selama 300 hari.

"Tantangan terbesar justru menavigasi pesawat ke Mars," kata K. Radhakrishnan ketua Indian Space Research Organisation (ISRO).


India jadi negara ke empat setelah Uni Soviet, Amerika Serikat dan Eropa yang berkunjung ke Mars di atas China, Jepang dan Korea Selatan. Misi senilai US$73,5 juta mencatat pentingnya pekerjaan berteknologi tinggi bagi para ilmuwan, insinyur dan aplikasi praktis.

"Misi ini penting yang memberi India kebahagiaan. Bahkan orang miskin ketika mengetahui negara saya mengirim misi ke planet lain merasakan kebanggaan terhadap negaranya," kata Raghu Kalra dari Amateur Astronomers Association Delhi.

Beberapa dekade penelitian ruang angkasa memungkinkan India mengembangkan satelit, komunikasi dan teknologi penginderaan jauh yang membantu memecahkan masalah sehari-hari di negara miskin itu dari peramalan cuaca, navigasi nelayan hingga memprediksi badai dan banjir dahsyat yang sering menimpa.

Gambar: AFP

Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment