Friday, November 22, 2013

IceCube Deteksi Neutrino Dari Luar Tata Surya

Penelitian - Neutrino dari luar Tata Surya terjerat. Partikel kecepatan tinggi menunjuk lubang hitam raksasa atau ledakan dahsyat. Hantu kosmologi partikel berenergi tinggi dari luar Tata Surya tersangkut untuk pertama kalinya oleh eksperimen di bawah es Antartika.

Penampakan partikel neutrino merupakan langkah besar identifikasi fenomena misterius astrofisika yang melempar partikel subatomik ke seluruh alam semesta dengan kecepatan luar biasa, neutrino merupakan alat yang menarik untuk menjelajahi kosmos.

Partikel tipis tak memiliki muatan dan jarang berinteraksi dengan materi biasa memungkinkan astronom melacak jalur langsung kembali ke sumber asal. Tapi inertness juga membuat sulit dideteksi. Para ilmuwan yakin neutrino alien lebih banyak energi dibanding partikel apapun buatan akselerator manusia.

Namun hingga kini peneliti hanya berhasil mendeteksi streaming neutrino relatif lemah dari atmosfer, bintangg dan ledakan supernova. Neutrino terus-menerus memukul Bumi ke beberapa objek paling keras di alam semesta. Tabrakan kejam dideteksi IceCube Collaboration untuk pertama kalinya.

"Ini membuka jendela baru alam semesta. Temuan membuat jalan astronomi yang dapat kita gunakan untuk menyelidiki jauh mencapai galaksi dan seterusnya," Gary Hill, astrofisikawan University of Adelaide.

Antarctica IceCube experiment menggunakan detektor partikel terbesar di dunia yang terletak di Kutub Selatan.

IceCube menggunakan 5160 sensor ditempatkan dalam pola grid dikubur satu setengah kilometer di bawah permukaan lapisan es.

Triliunan neutrino menembus kubik es. Ketika salah satu dari partikel bertabrakan dengan atom oksigen menghasilkan percikan biru samar. Kilatan cahaya memberitahu para ilmuwan arah dan energi neutrino ketika memukul detektor .

Petunjuk pertama neutrino energi tinggi datang pada bulan April 2012 dengan deteksi dua event tabrakan lebih dari 1000 TeV kemudian dinamai Neutrino Bert dan Ernie. Laporkan baru menegaskan tambahan 26 event lemah sekitar 30 TeV.

"Mereka mungkin dibuat di pusat galaksi aktif, mungkin quasar. Pertanyaannya apakah di galaksi kita sendiri atau extragalaktik. Sekarang harus mengumpulkan lebih banyak data dan menjalankan detektor untuk waktu yang lama," kata Hill.
IceCube Collaboration. Evidence for High-Energy Extraterrestrial Neutrinos at the IceCube Detector. Science, 22 November 2013: Vol.342 no.6161, DOI:10.1126/science.1242856
Gambar: IceCube Collaboration
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment