Friday, November 29, 2013

High-Altitude Water Cherenkov Observatory (HAWC)

LaporanPenelitian.com - Observatorium Meksiko mendorong batas-batas kosmologi. Tangki air berjajar di ketinggian 4.100 meter untuk mendeteksi semburan energi tinggi yang berasal dari ledakan supernova dan kejadian kosmik lainnya, High-Altitude Water Cherenkov Observatory (HAWC).

Setelah 3 jam perjalanan dari Mexico City ke tenggara, petani masa lalu Meksiko menggunakan bajak yang ditarik kuda dengan domba berkerumun di pinggir jalanan desa menuju Gunung Sierra Negra di ketinggian 4.000 meter di atas permukaan laut.

Di sebelah kanan jalan panorama Orizaba, puncak gunung tertinggi ke-3 di Amerika Utara. Di sebelah kiri observatorium baru pemburu sumber-sumber energi tertinggi yang dikenal di alam semesta. Sekitar 150 peneliti terlibat dalam proyek ini dengan ongkos kurang dari US$14 juta.

Ketika selesai pada musim gugur 2014, High-Altitude Water Cherenkov Observatory (HAWC) menjadi array 300 tanki dengan total 20.000 meter persegi. Sudah lebih dari sepertiga tangki mengambil data, pemetaan lebih tinggi energi kosmik dan sinar gamma dari observatorium serupa sebelumnya.

"Kami ingin batas sinar-γ paling energik. Akselerator paling kuat di alam semesta," kata Magdalena González, koordinator HAWC dan astrofisikawan energi tinggi National Autonomous University (UNAM) di Mexico City.


Sinar-X kosmis membuka wawasan lubang hitam dan bintang neutron, tapi sinar gamma menawarkan wawasan ke dalam ledakan supernova, tumbukan bintang neutron, lubang hitam core galaksi dan ledakan ruang lainnya.

HAWC tidak mendeteksi partikel secara langsung, melainkan mengamati efek terhadap atmosfer. Ketika proton, atom yang lebih berat dan foton berenergi tinggi bertabrakan dengan molekul di atmosfer Bumi menciptakan partikel-partikel bermuatan dan start reaksi berantai.

Ketika partikel sekunder menembus tanki, partikel menembus air lebih cepat dari cahaya. Partikel merangsang molekul air kemudian memancarkan foton. Fenomena optik ini disebut radiasi Cherenkov dan tangki HAWC dikenal sebagai Cherenkov detektor.

Tiap tangki diisi 180.000 liter air dalam silinder baja bergelombang. Di bawah tangki 4 sensor penghitung setiap radiasi Cherenkov. Peneliti menghitung energi dan arah asal sinar gamma asli. Array diharapkan mendeteksi 20.000 sinar setiap detik di kisaran 0,1-100 teraelectronvolts (TEV).

Spektrum elektromagnetik yang membawa sinar gamma bisa memprediksi pemusnahkan partikel materi gelap. Presisi observatorium juga dapat mengungkap fraksi kecil kecepatan foton dari sumber jauh, prediksi kunci upaya untuk menyatukan teori gravitasi dan mekanika kuantum Einstein.
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment