Thursday, November 21, 2013

Fitur Hidrofobik Fluorosilane Usir Air Lebih Cepat

Penelitian - Tetes memantul membuat jas hujan cerdas. Para ilmuwan mengatakan telah menemukan cara membuat hujan terpental lebih cepat dari permukaan, membuka jalan bagi material baru kedap air dari pakaian hingga pesawat terbang.

Tim Boston University dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) memangkas jumlah waktu setetes air kontak dengan permukaan. Fotografi kecepatan tinggi menunjukkan tetesan menyebar keluar seperti pancake karena tegangan dan kemudian memantul.

Ketika menjadi basah yang penting adalah durasi kontak, perhitungan didasarkan pada osilasi drop. Untuk meminimalkan waktu, materiolog memfokuskan upaya hidrofobik dengan zat kimia yang membuat permukaan menolak air.

Tapi laporan baru mengambil pendekatan fisik. Pegunungan kecil ditambahkan ke permukaan untuk memecah simetri gelembung droplet. Tetesan terpecah jadi kecil, bentuk yang tidak teratur membuat mundur lebih cepat dibandingkan gumpalan kempal.

"Hasilnya permukaan tetap kering lebih lama untuk berbagai aplikasi," kata James Bird, mekanikawan Boston University.

Material wafer silikon dilapisi kimia hidrofobik fluorosilane sebagai gundukan mikroskopik dimana 40 persen lebih pendek dibanding permukaan kontrol sehingga 80 persen lebih efektif mengusir air. Tekstur dapat direplikasi pada baja atau aluminium di sayap pesawat.

Tanaman nasturtium (Tropaeolum majus L.) memiliki fitur pada daunnya dan Kupu Morpho (Morpho didius) membuat tetesan air mundur asimetris. Permukaan bahkan menolak air lebih cepat pada daun teratai sebagai standar emas superhydrophobicity.




James C. Bird (Department of Mechanical Engineering, Boston University, Boston, Massachusetts 02155, USA) et al. Reducing the contact time of a bouncing drop. Nature, 20 November 2013, DOI:10.1038/nature12740
Gambar: Adam Paxson, Kyle Hounsell, Jim Bales, James Bird, Kripa Varanasi
Video: James C. Bird et al., DOI:10.1038/nature12740
Tinuku
Bagikan :

1 comment:

  1. bagaimana cara membuat cairan tersebut dan bahan kimia apa saj yang di perlukan

    ReplyDelete