Saturday, November 9, 2013

Cakram Optik Tungsten Simpan Data 1 Miliar Tahun

Laporan Penelitian - Data Disc Gigayear hidup lebih lama dari manusia. Disk menyimpan data selama jutaan tahun, gudang berisi peradaban bahkan setelah manusia pergi jauh berkelana.

Selama berabad-abad manusia mencatat prestasinya dalam berbagai bentuk mulai lukisan gua, media cetak dan elektronik. Tapi semua metode terbatas. Sistem penyimpanan digital hanya menyimpan data beberapa dekade, sementara prasasti marmer akhirnya terkikis.

"Jika kita ingin melestarikan tentang peradaban umat manusia, kita butuh media penyimpanan data yang bertahan 1 juta hingga 1 miliar tahun," kata Jeroen de Vries, nanoteknolog University of Twente, di Belanda, dan rekan.

Vries dan rekan membangun disk kimia berisi silikon nitrida, senyawa yang digunakan untuk membuat mesin mobil, insulator sirkuit dan banyak lagi. Kemudian disket ditanam tungsten, logam padat banyak digunakan dalam filamen bola lampu dan tabung sinar-X.

Data disimpan dengan meletakkan tungsten dalam bentuk kode QR, bar code 2 dimensi yang sering untuk menyampaikan informasi kepada ponsel, kemudian ditutupi lapisan tipis silikon nitrida.

Daripada menunggu 1 juta tahun untuk melihat apakah data benar-benar bertahan, Vries menggunakan hukum Arrhenius untuk menghitung sampai suhu 188oC selama 1 jam setara 1 juta tahun pada suhu 27oC. Bahkan disk selamat pada suhu hingga 440oC selama 2 jam.

"Kode QR tidak rusak dan tungsten masih ada. Upaya awal untuk membuat media data tertanam mampu bertahan selama 1 juta tahun yang menjanjikan," kata Vries et al.



Towards Gigayear Storage Using a Silicon-Nitride/Tungsten Based Medium

Jeroen de Vries, Dimitri Schellenberg, Leon Abelmann, Andreas Manz, Miko Elwenspoek

arXiv (Submitted on 9 Oct 2013)

Akses : arXiv:1310.2961

Gambar dan video: University of Twente
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment