Skip to main content

Cakram Optik Tungsten Simpan Data 1 Miliar Tahun

Laporan Penelitian - Data Disc Gigayear hidup lebih lama dari manusia. Disk menyimpan data selama jutaan tahun, gudang berisi peradaban bahkan setelah manusia pergi jauh berkelana.

Selama berabad-abad manusia mencatat prestasinya dalam berbagai bentuk mulai lukisan gua, media cetak dan elektronik. Tapi semua metode terbatas. Sistem penyimpanan digital hanya menyimpan data beberapa dekade, sementara prasasti marmer akhirnya terkikis.

"Jika kita ingin melestarikan tentang peradaban umat manusia, kita butuh media penyimpanan data yang bertahan 1 juta hingga 1 miliar tahun," kata Jeroen de Vries, nanoteknolog University of Twente, di Belanda, dan rekan.

Vries dan rekan membangun disk kimia berisi silikon nitrida, senyawa yang digunakan untuk membuat mesin mobil, insulator sirkuit dan banyak lagi. Kemudian disket ditanam tungsten, logam padat banyak digunakan dalam filamen bola lampu dan tabung sinar-X.

Data disimpan dengan meletakkan tungsten dalam bentuk kode QR, bar code 2 dimensi yang sering untuk menyampaikan informasi kepada ponsel, kemudian ditutupi lapisan tipis silikon nitrida.

Daripada menunggu 1 juta tahun untuk melihat apakah data benar-benar bertahan, Vries menggunakan hukum Arrhenius untuk menghitung sampai suhu 188oC selama 1 jam setara 1 juta tahun pada suhu 27oC. Bahkan disk selamat pada suhu hingga 440oC selama 2 jam.

"Kode QR tidak rusak dan tungsten masih ada. Upaya awal untuk membuat media data tertanam mampu bertahan selama 1 juta tahun yang menjanjikan," kata Vries et al.



Towards Gigayear Storage Using a Silicon-Nitride/Tungsten Based Medium

Jeroen de Vries, Dimitri Schellenberg, Leon Abelmann, Andreas Manz, Miko Elwenspoek

arXiv (Submitted on 9 Oct 2013)

Akses : arXiv:1310.2961

Gambar dan video: University of Twente

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…