Skip to main content

Sistem Saraf Arthropoda Cambrian 520 Juta Tahun

Laporan Penelitian - Makhluk bercakar memiliki sistem saraf kalajengking. Pemindaian sistem saraf menulis novel evolusioner beberapa makhluk merayap di dasar laut 520 juta tahun lalu.

Paleontolog telah lama berdebat di mana hewan-hewan ini ditempatkan dalam pohon keluarga arthropoda, berbagai kelompok mencakup serangga, laba-laba, kaki seribu dan trilobita. Sekarang pemindaian teknologi memberi petunjuk kerabat evolusioner terdekat.


Sistem saraf lengkap terawetkan dalam fragmen fosil makhluk yang merangkak atau berenang di laut 520 juta tahun lalu menunjuk nenek moyang laba-laba dan kerabat mereka hidup berdampingan dengan nenek moyang krustasea di era Cambrian.

Megacheirans memiliki sistem saraf pusat sangat mirip kepiting tapal kuda dan kalajengking hari ini. Para ilmuwan mengidentifikasi makhluk panjang 3 sentimeter yang digali dari formasi Chengjiang dekat Kunming di Cina barat daya sebagai wakil genus punah Alalcomenaeus.

Keluarga ini memiliki tubuh memanjang dilengkapi selusin pasang pelengkap yang memungkinkan berenang atau merangkak.

Gengo Tanaka, teknolog Japan Agency for Marine-Earth Science and Technology di Yokosuka, dan rekan membuat struktur saraf 3D spesimen menggunakan computed tomography (CT) scanner, sementara mikroskop X-ray untuk mengukur distribusi kimia dalam tubuh.
Gengo Tanaka (Japan Agency for Marine-Earth Science and Technology, Yokosuka 2370061, Japan) et al. Chelicerate neural ground pattern in a Cambrian great appendage arthropod. Nature, 16 October 2013, DOI:10.1038/nature12520
Gambar 1 dan 3: N. Strausfeld/UA; gambar 2: Xianguang Hou/YKLP, China
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.