Monday, October 28, 2013

Sekuen Genom Kalajengking Mesobuthus martensii

Laporan Penelitian - Genom Kalajengking Mesobuthus martensii diterjemahkan. DNA Arachnida mengungkap bagaimana hewan bertahan racun sendiri. Kalajengking memiliki sekitar 10.000 gen lebih dari manusia.

Kalajengking Golden China, Mesobuthus martensii, setidaknya memiliki 32.016 gen. Manusia memiliki lebih dari 22.000 gen. Zhijian Cao, biolog Wuhan University, dan rekan menemukan 116 gen pengkode neurotoksin termasuk 45 gen yang sebelumnya tidak diketahui.

Banyak neurotoksin melumpuhkan protein dalam membran sel yang membuka dan menutup untuk menghasilkan sinyal listrik ketika sel-sel saraf digunakan untuk berkomunikasi. Mutasi pada gen protein membran kalajengking membuat arakhnida kebal terhadap racun sendiri.

Scorpions juga memiliki 160 enzim yang membantu mencerna lemak dan detoksifikasi materi kimia tanaman dari serangga herbivora yang mereka makan. Beberapa enzim ini mengubah kimia disebut coumarin menjadi senyawa neon yang membuat mereka bercahaya biru di bawah UV.

Hewan-hewan juga membuat jenis protein cahaya disebut Mmopsin3 di ekor, protein indra ultraviolet terhadap cahaya biru. Setidaknya 20 protein lain yang dibuat di bagian ekor kalajengking untuk mengirimkan sinyal cahaya dari kulit ke otak.
The genome of Mesobuthus martensii reveals a unique adaptation model of arthropods

Zhijian Cao1 et al.
  1. State Key Laboratory of Virology, College of Life Sciences, Wuhan University, Wuhan 430072, China
Nature Communications, 15 October 2013

Akses : DOI:10.1038/ncomms3602

Gambar: Zhijian Cao et al., DOI:10.1038/ncomms3602
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment