Monday, October 21, 2013

Scan Mineralisasi Gigi Palsu Spesies Conodont

Laporan Penelitian - Scan gigi pertama palsu. Berbentuk kerucut, struktur mineral mengelilingi mulut makhluk kuno seperti belut yang membantu mereka memegang dan memamah makanan bukanlah gigi.

Salah satu teori bagaimana gigi pertama kali muncul pada makhluk bertulang punggung, kelompok yang saat ini termasuk manusia, harus ditinggalkan sepenuhnya. Makhluk-makhluk kuno yang memakai struktur ini dikenal sebagai conodont atau gigi berbentuk kerucut.

Hewan-hewan seperti belut yang hidup di lautan 530-200 juta tahun lalu adalah beberapa vertebrata paling primitif dalam catatan fosil. Mereka tidak memiliki rahang atau tulang lainnya. Satu-satunya bagian adalah struktur seperti gigi dari kalsium fosfat, mineral yang sama dalam enamel gigi manusia.

Dalam beberapa tahun terakhir peneliti mengusulkan bahwa dentikel pertama kali muncul di dalam mulut seperti gigi dan kemudian berkembang menjadi sisik. Namun temuan baru menunjukkan dentikel dan gigi berasal dari jaringan yang berbeda. Jadi saatnya untuk membuang hipotesis itu.

Analisis baru pada spesies conodont menunjukkan panjang dan bentuk bervariasi dengan beberapa struktur kemungkinan digunakan untuk menangkap dan menahan mangsa sementara yang lain bertugas untuk memotong makanan menjadi potongan-potongan kecil.

Identifikasi fitur kunci conodont awal tumbuh dalam serangkaian langkah dengan stadium pertumbuhan menambahkan cincin mineral hanya sepanjang sisi bagian keras berbentuk kerucut tetapi tidak pada tips. Biasanya, lapisan enamel gigi vertebrata membentuk seluruh gigi sekaligus sebagai akhir perkembangan.

"Meskipun hasil akhirnya tampak seperti gigi, tapi ini bukan," kata Philip Donoghue, paleontolog University of Bristol di Inggris.

Bentuk-bentuk paling awal bagian keras conodont berevolusi sama sekali berbeda dari jaringan yang dilakukan gigi vertebrata. Implikasi bagi hipotesis evolusi awal vertebrata meliputi ikan, reptil dan makhluk lain mengandung struktur keras disebut dentikel.
Duncan J. E. Murdock (School of Earth Sciences, University of Bristol, Wills Memorial Building, Queen’s Road, Bristol BS8 1RJ, UK) et.al. The origin of conodonts and of vertebrate mineralized skeletons. Nature, 16 October 2013, DOI:10.1038/nature12645
Gambar: D. J. E. Murdock
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment