Skip to main content

Rasa Sentuh Tangan Prostetik Antarmuka Otak

Laporan Penelitian - Sentuhan tangan memungkinkan Anda terhubung dengan orang yang dicintai, sentuhan kaki membantu Anda berinteraksi dengan lingkungan.

Tetapi orang lumpuh atau kehilangan anggota tubuh harus menavigasi dunia yang paling mendasar tanpa input sensorik. Sliman Bensmaia, neurosaintis komputer University of Chicago Illinois, dan rekan membuat model baru transmisi rasa sentuhan ke otak yang melewati rute biasa.

Sebuah blueprint untuk membangun prosthetics yang menyampaikan sentuhan dengan cara sama dilakukan anggota tubuh alami. Bensmaia melatih monyet rhesus untuk fokus pandangan ke arah berbeda tergantung apakah jari telunjuk atau keempat jari sedang sentuh.

Mikroelektroda kemudian ditempatkan di otak daerah primary somatosensory cortex (PSC). Daerah PSC merupakan peta seluruh tubuh dengan masing-masing neuron bertanggung jawab untuk merasakan ketika bagian kulit berbeda disentuh. Mikroelektroda merekam pola aktivitas neuron.

Mereka juga dapat digunakan secara terbalik untuk memberi stimulasi listrik api neuron. Selanjutnya, tim mencatat apa yang terjadi dan aktivitas di mana terdaftar di korteks somatosensori ketika monyet disentuh pada jari telunjuk atau keempat jari.

Monyet-monyet bereaksi seolah-olah mereka telah menyentuh. Dalam eksperimen serupa, monyet juga mampu membedakan sntuhan dari berbagai kekuatan bagi tangan palsu yang mengirimkan informasi ke otak melalui mikroeletroda.

"Informasi tentang lokasi dan tekanan sentuhan sering tidak tersedia visual atau tidak memadai untuk membimbing perilaku motor orang dengan prostetik. Tanpa itu kita menghancurkan atau menjatuhkan benda dalam dari genggaman," kata Bensmaia.

Suatu hari sensor palsu mampu mengirim sinyal ke implan pada manusia untuk mengirimkan pola pulsa elektrik ke otak yang memungkinkan mereka merasakan sentuhan. Prostetik memberi rasa lebih besar banyak. Kaki merasa seperti bagian tubuh dan interaksi lebih kaya dengan lingkungan.
Restoring the sense of touch with a prosthetic hand through a brain interface

Gregg A. Tabot1 et al.
  1. Committee on Computational Neuroscience and Department of Organismal Biology and Anatomy, University of Chicago, Chicago, IL 60637
Proceedings of the National Academy of Sciences, October 14, 2013

Akses : DOI:10.1073/pnas.1221113110

Gambar: PNAS
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.