Sunday, October 20, 2013

Pohon Naga Dracaena kaweesakii di Kuil Kapur

Laporan Penelitian - Spesies baru Pohon Naga ditemukan di Burma dan Thailand. Tim dari Thailand, Inggris, Belanda dan Polandia mendeskripsi spesies baru Pohon Naga, Dracaena kaweesakii, yang luar biasa.

Tinggi 12 meter diberi nama Dracaena kaweesakii. Nama spesifik kaweesakii sebagai kehormatan bagi biolog Thailand yang juga anggota tim Kaweesak Keeratikiat. Karakteristik Dracaena kaweesakii relatif indah dibanding naga Pulau Canary Dracaena draco.

Ini spesies penting secara ekologis hanya ditemukan di perbukitan kapur dan gunung-gunung yang sering dikaitkan kuil Buddha di Thailand. Pohon dengan percabangan luas dan daun berbentuk pedang yang lembut dengan tepi putih dan bunga krim dengan filamen oranye terang.

Semua fitur sangat khas. D. kaweesakii diekstrak dari alam digunakan dalam hortikultura di Thailand dan merupakan salah satu spesies populer dengan percabangan luas.

Spesies baru semakin populer karena mitologi orang Thailand menganggap pohon membawa keberuntungan bagi rumah tangga.

"Sejumlah penduduk dilindungi oleh kedekatan dengan kuil atau yang dipindahkan ke kebun mereka. Tidak ada bukti langsung over-ekstraksi," kata Paul Wilkin, botanis Royal Botanic Gardens, di Kew, Richmond, Inggris.

"Tetapi studi keberlanjutan dibutuhkan di tingkat populasi untuk menjamin perlindungan spesies yang indah ini. D. kaweesakii diduga terancam dengan distribusi terbatas, pertambangan batu kapur dan ekstraksi pohon untuk kebun," kata Wilkin.
A new species from Thailand and Burma, Dracaena kaweesakii Wilkin & Suksathan (Asparagaceae subfamily Nolinoideae)

Paul Wilkin1 et al.
  1. Royal Botanic Gardens, Kew, Richmond, Surrey, TW9 3AB, UK
PhytoKeys, 2 October 2013

Akses : DOI:10.3897/phytokeys.26.5335

Gambar: Paul Wilkin et al., DOI:10.3897/phytokeys.26.5335
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment