Skip to main content

Planet Eksotis PSO J318.5-22 Mengambang Bebas

Laporan Penelitian - Planet PSO J318.5-22 mengambang bebas. Menggunakan teleskop survei yang lebar Pan-STARRS 1, tim astronom menemukan planet soliter mengambang bebas.

Hanya sejauh 80 tahun cahaya dari Bumi, sebuah planet eksotis mengambang bebas tidak mengorbit bintang. Dijuluki PSO J318.5-22 memiliki massa hanya 6 kali dari Jupiter. Planet ini terbentuk hanya 12 juta tahun lalu, bayi yang baru lahir sebagai planet.

Padahal bintang eponymous dalam grup, Beta Pictoris, memiliki planet gas raksasa muda di orbit sekitarnya. PSO J318.5-22 bahkan lebih rendah dalam massa dianding planet di Beta Pictoris dan mungkin terbentuk dalam cara yang berbeda.


PSO J318.5-22 sangat dingin, samar dan eksentrik, sekitar 100 miliar kali lebih redup dalam cahaya optik dibanding Venus. Sebagian energi dipancarkan pada panjang gelombang inframerah. Lebih merah dari katai coklat paling merah.

Tim mencari jarum dalam tumpukan jerami data astronomi terbesar yaitu dataset PS1. Temuan PS1 ditindaklanjuti dengan teleskop di Mauna Kea Hawaii. Spektrum inframerah diambil dengan NASA Infrared Telescope Facility dan Gemini North Telescope. PSO J318.5-22 bukan katai coklat.

"Planet-planet yang ditemukan oleh pencitraan langsung sulit diteliti karena tepat di sebelah bintang host. PSO J318.5-22 tidak mengorbit bintang sehingga kami mudah melihat inner planet," kata Niall Deacon, astronom Max Planck Institute for Astronomy di Jerman.
The Extremely Red, Young L Dwarf PSO J318-22: A Free-Floating Planetary-Mass Analog to Directly Imaged Young Gas-Giant Planets

Michael C. Liu et al.

arXiv (Submitted on 1 Oct 2013)

Akses : arXiv:1310.0457

Gambar: N. Metcalfe/Pan-STARRS 1 Science Consortium (atas); MPIA/V. Ch. Quetz (bawah)
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.