Skip to main content

Panggilam Alarm Simpanse Asal-Usul Bahasa

Laporan Penelitian - Respon simpanse terhadap boneka ular menyarankan asal-usul bahwa vokal merupakan langkah pertama daripada gestural yang keduanya blok bangunan dasar bahasa.

Charles Darwin menyarankan perjalanan sejarah bahasa modern secara bertahap bergerak dari perkembangan vokal yang dirancang untuk menarik pasangan kawin sebagai komunikasi vokal primitif yang akhirnya berkembang menjadi pidato.

Tetapi bukti dari kera lainnya menyarankan teriakan vokal leluhur yang tidak disengaja dan sangat terkait dengan emosi, sedangkan gerakan tangan yang disengaja lebih untuk komunikasi. Tampaknya menyarankan bahasa mungkin berkembang dari komunikasi gestural.

Tidak puas dengan gagasan bahwa sinyal vokal simpanse tanpa sengaja, Katie Slocombe, psikosaintis University of York di Inggris, dan rekan menempatkan boneka berkulit ular di hutan Uganda. Menggunakan pancing, mereka menggoyang boneka ketika simpanse mendekat.

"Sampai saat ini diasumsikan panggilan primata tidak disengaja dan lebih pada emosi. Kami menantang pandangan itu. Simpanse memproduksi panggilan taktis yang ditargetkan untuk individu-individu penting bagi mereka," kata Slocombe.

Krusial, Slocombe menemukan panggilan alarm seorang simpanse sampai semua simpanse lainnya menjauh pada jarak aman. Teriakan memiliki tujuan dan bukan sekedar respon takut otomatis. Laporan baru menyanggah salah satu alasan utama teori asal-usul bahasa tumbuh dari gerakan.

"Ini pekerjaan heroik. Empat peneliti menyeret boneka python besar dan peralatan menembus hutan hujan. Laporan mereka mengikis dukungan bagi teori gestural asal-usul bahasa," kata Tecumseh Fitch, bioevolusioner kognitif University of Vienna di Austria.

Tapi teori gestur tidak berakhir. Tidak bagi para ilmuwan pendukung bagi teori gerakan disengaja. Slocombe dan rekan memiliki argumen yang lemah.

"Ini panggilan alarm, bukan percakapan. Ini jauh dari bahasa. Cara simpanse berkomunikasi dengan gerakanlah yang dekat dengan bahasa yang lebih komunikatif," kata Michael Corballis, psikosaintis University of Auckland di New Zealand.




Chimpanzee Alarm Call Production Meets Key Criteria for Intentionality

Anne Marijke Schel1,2 et al.
  1. Department of Psychology, University of York, York, United Kingdom
  2. Budongo Conservation Field Station, Masindi, Uganda
PLoS ONE, October 16, 2013

Akses : DOI:10.1371/journal.pone.0076674

Gambar dan video: Anne Marijke Schel et al., DOI:10.1371/journal.pone.0076674
YouTube: http://www.youtube.com/PenelitianTV

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…