Tuesday, October 22, 2013

Panggilam Alarm Simpanse Asal-Usul Bahasa

Laporan Penelitian - Respon simpanse terhadap boneka ular menyarankan asal-usul bahwa vokal merupakan langkah pertama daripada gestural yang keduanya blok bangunan dasar bahasa.

Charles Darwin menyarankan perjalanan sejarah bahasa modern secara bertahap bergerak dari perkembangan vokal yang dirancang untuk menarik pasangan kawin sebagai komunikasi vokal primitif yang akhirnya berkembang menjadi pidato.

Tetapi bukti dari kera lainnya menyarankan teriakan vokal leluhur yang tidak disengaja dan sangat terkait dengan emosi, sedangkan gerakan tangan yang disengaja lebih untuk komunikasi. Tampaknya menyarankan bahasa mungkin berkembang dari komunikasi gestural.

Tidak puas dengan gagasan bahwa sinyal vokal simpanse tanpa sengaja, Katie Slocombe, psikosaintis University of York di Inggris, dan rekan menempatkan boneka berkulit ular di hutan Uganda. Menggunakan pancing, mereka menggoyang boneka ketika simpanse mendekat.

"Sampai saat ini diasumsikan panggilan primata tidak disengaja dan lebih pada emosi. Kami menantang pandangan itu. Simpanse memproduksi panggilan taktis yang ditargetkan untuk individu-individu penting bagi mereka," kata Slocombe.

Krusial, Slocombe menemukan panggilan alarm seorang simpanse sampai semua simpanse lainnya menjauh pada jarak aman. Teriakan memiliki tujuan dan bukan sekedar respon takut otomatis. Laporan baru menyanggah salah satu alasan utama teori asal-usul bahasa tumbuh dari gerakan.

"Ini pekerjaan heroik. Empat peneliti menyeret boneka python besar dan peralatan menembus hutan hujan. Laporan mereka mengikis dukungan bagi teori gestural asal-usul bahasa," kata Tecumseh Fitch, bioevolusioner kognitif University of Vienna di Austria.

Tapi teori gestur tidak berakhir. Tidak bagi para ilmuwan pendukung bagi teori gerakan disengaja. Slocombe dan rekan memiliki argumen yang lemah.

"Ini panggilan alarm, bukan percakapan. Ini jauh dari bahasa. Cara simpanse berkomunikasi dengan gerakanlah yang dekat dengan bahasa yang lebih komunikatif," kata Michael Corballis, psikosaintis University of Auckland di New Zealand.




Chimpanzee Alarm Call Production Meets Key Criteria for Intentionality

Anne Marijke Schel1,2 et al.
  1. Department of Psychology, University of York, York, United Kingdom
  2. Budongo Conservation Field Station, Masindi, Uganda
PLoS ONE, October 16, 2013

Akses : DOI:10.1371/journal.pone.0076674

Gambar dan video: Anne Marijke Schel et al., DOI:10.1371/journal.pone.0076674
YouTube: http://www.youtube.com/PenelitianTV
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment