Wednesday, October 16, 2013

Orbit Exolanet Terkunci Gravitasi ke Bintang

Laporan Penelitian - Astronom temukan 13 exoplanet meluncur ke dalam permukaan bintang host. Survei ekstrasurya menemukan 13 planet terkunci dalam gravitasi bintang host.

Sebagian besar exoplanet gas raksasa dengan periode orbit beberapa hari tidak stabil. Orbit begitu dekat berarti gravitasi kuat mencabik-cabik. Dunia porak-poranda diremas bintang panas jahanam yang duduk begitu dekat.

Sebuah tim menggunakan data misi NASA Kepler menemukan 13 planet ekstrasurya dengan periode orbit sangat singkat dekat dan hampir tenggelam ke permukaan bintang host. Planet-planet terkunci dalam orbit disebabkan oleh efek kedekatan bintang.

Bagi planet berbatu atau dingin, gangguan ini bisa membawa mereka cukup dekat. Gaya gravitasi sendiri tidak mampu lagi menahan bersama-sama untuk melawan gravitasi bintang. Brian Jackson, astronom Carnegie Institution dan rekan mencari benda transit dengan waktu sangat singkat dari dataset Kepler.

Survei mendapati 13 kandidat planet, semua dengan periode orbit mulai hanya 3,3 jam hingga10 jam. Bahkan dengan massa beberapa kali lipat Bumi, periode singkat mungkin mereka bisa dideteksi menggunakan fasilitas teleskop berbasis darat. Jika dikonfirmasi, planet-planet ini menjadi salah satu planet terpendek yang pernah ditemukan.
A Survey for Very Short-Period Planets in the Kepler Data

Brian Jackson et al.

arXiv (Submitted on 6 Aug 2013)

Akses : arXiv:1308.1379

Gambar: ESO/L. Calcada
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment