Skip to main content

Orbit Exolanet Terkunci Gravitasi ke Bintang

Laporan Penelitian - Astronom temukan 13 exoplanet meluncur ke dalam permukaan bintang host. Survei ekstrasurya menemukan 13 planet terkunci dalam gravitasi bintang host.

Sebagian besar exoplanet gas raksasa dengan periode orbit beberapa hari tidak stabil. Orbit begitu dekat berarti gravitasi kuat mencabik-cabik. Dunia porak-poranda diremas bintang panas jahanam yang duduk begitu dekat.

Sebuah tim menggunakan data misi NASA Kepler menemukan 13 planet ekstrasurya dengan periode orbit sangat singkat dekat dan hampir tenggelam ke permukaan bintang host. Planet-planet terkunci dalam orbit disebabkan oleh efek kedekatan bintang.

Bagi planet berbatu atau dingin, gangguan ini bisa membawa mereka cukup dekat. Gaya gravitasi sendiri tidak mampu lagi menahan bersama-sama untuk melawan gravitasi bintang. Brian Jackson, astronom Carnegie Institution dan rekan mencari benda transit dengan waktu sangat singkat dari dataset Kepler.

Survei mendapati 13 kandidat planet, semua dengan periode orbit mulai hanya 3,3 jam hingga10 jam. Bahkan dengan massa beberapa kali lipat Bumi, periode singkat mungkin mereka bisa dideteksi menggunakan fasilitas teleskop berbasis darat. Jika dikonfirmasi, planet-planet ini menjadi salah satu planet terpendek yang pernah ditemukan.
A Survey for Very Short-Period Planets in the Kepler Data

Brian Jackson et al.

arXiv (Submitted on 6 Aug 2013)

Akses : arXiv:1308.1379

Gambar: ESO/L. Calcada

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…