Skip to main content

Nobel Fisiologi Kedokteran 2013

Laporan Penelitian - Nobel bidang fisiologi atau kedokteran dianugerahkan kepada 3 orang untuk memecahkan bagaimana sel molekul mengatur sistem transportasi.

Mengungkap bagaimana materi kimia penting seperti insulin diangkut di dalam dan di antara sel-sel mendapat perhatian. Hadiah Nobel Fisiologi atau Kedokteran diberikan kepada 2 orang Amerika dan 1 orang kelahiran Jerman. Temuan mereka bisa mengungkapan mekanisme banyak penyakit.

"Kami menghormati 3 ilmuwan yang telah memecahkan misteri bagaimana sel mengatur sistem transportasi," kata Juleen Zierath, Ketua Komite Nobel dari Karolinska Institute di Swedia, pada konferensi pers di Stockholm.


James Rothman dari Yale University di New Haven, Connecticut, Randy Schekman dari University of California Berkeley dan Thomas Südhof dari Stanford University di California, berbagi hadiah uang 8 juta kronor Swedia (US$1,2 juta).

Secara kolektif menyelidiki bagaimana ruang kecil di sel disebut vesikel menyampaikan isinya, baik untuk vesikel dan kompartemen dalam sel sendiri atau sel tetangga. Vesikel bekerja dengan menggabungkan permukaan vesikel lain dalam sel atau dengan membran sel.



Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.