Skip to main content

Nobel Fisiologi Kedokteran 2013

Laporan Penelitian - Nobel bidang fisiologi atau kedokteran dianugerahkan kepada 3 orang untuk memecahkan bagaimana sel molekul mengatur sistem transportasi.

Mengungkap bagaimana materi kimia penting seperti insulin diangkut di dalam dan di antara sel-sel mendapat perhatian. Hadiah Nobel Fisiologi atau Kedokteran diberikan kepada 2 orang Amerika dan 1 orang kelahiran Jerman. Temuan mereka bisa mengungkapan mekanisme banyak penyakit.

"Kami menghormati 3 ilmuwan yang telah memecahkan misteri bagaimana sel mengatur sistem transportasi," kata Juleen Zierath, Ketua Komite Nobel dari Karolinska Institute di Swedia, pada konferensi pers di Stockholm.


James Rothman dari Yale University di New Haven, Connecticut, Randy Schekman dari University of California Berkeley dan Thomas Südhof dari Stanford University di California, berbagi hadiah uang 8 juta kronor Swedia (US$1,2 juta).

Secara kolektif menyelidiki bagaimana ruang kecil di sel disebut vesikel menyampaikan isinya, baik untuk vesikel dan kompartemen dalam sel sendiri atau sel tetangga. Vesikel bekerja dengan menggabungkan permukaan vesikel lain dalam sel atau dengan membran sel.



Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…