Langsung ke konten utama

Lubang Hitam Perangkap Cahaya

Laporan Penelitian - Lubang hitam cahaya, sebuah bola lubang hitam plastik perangkap cahaya seperti nyata dan struktur pertama aksi benar-benar dapat ditonton.

Cuma buatan dan tidak berbahaya, tapi membantu untuk mengungkap salah satu misteri objek alam. Lubang hitam menelan cahaya dan kuasa takdir hidup menunggu objek yang terjebak. Lingkup foton lubang hitam di wilayah ruang-waktu melengkung di luar cakrawala.

Persamaan Einstein digunakan untuk model lubang hitam dapat mendeskripsi perilaku cahaya. Laser melalui materi memungkinkan untuk menonton lubang hitam buatan dalam tindakan dan memvisualisasi efek gravitasi. Tapi sangat sulit dan berbahaya untuk menciptakan di laboratorium.

Sekarang Hui Liu, fisikawan Nanjing University di China dan rekan membangun lubang hitam buatan menggunakan selembar plastik. Efek gravitasi memvariasi indeks bias, properti menentukan berapa banyak lengkungan substansi cahaya. Indeks bias terus bervariasi hingga ekstrim membentuk kurva.

"Hal ini membuat indeks bias efektif bervariasi seperti variasi kelengkungan ruang di sekitar lubang hitam," kata Liu.

Gravitasi menyebabkan efek yang sama dalam ruang dikenal sebagai gravitational lensing. Setiap kali berkas cahaya melewati obyek masif seperti bintang atau galaksi, jalur cahaya berubah karena perjalanan bersama lengkungan ruang-waktu yang membantu menyelidiki exoplanet.

Lubang hitam buatan sebelumnya telah diciptakan yang meniru cakrawala peristiwa dalam upaya untuk mendeteksi proses misterius yang disebut radiasi Hawking. Tapi Liu dan rekan adalah obyek buatan pertama untuk menciptakan lingkungan foton.




C. Sheng (National Laboratory of Solid State Microstructures & Department of Physics, National Center of Microstructures and Quantum Manipulation, Nanjing University, Nanjing 210093, China) et al., Trapping light by mimicking gravitational lensing. Nature Photonics, 29 September 2013, DOI:10.1038/nphoton.2013.247
Gambar dan Video: C. Sheng et al, DOI:10.1038/nphoton.2013.247
YouTube: http://www.youtube.com/user/PenelitianTV

Komentar

Popular

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…