Saturday, October 26, 2013

India Set Wahana Mangalyan ke Orbit Planet Mars

Laporan Penelitian - India bersiap untuk peluncuran misi pengorbit Planet Mars tanggal November 5. Sekarang India bergabung dengan AS, Rusia dan Eropa dalam klub eksklusif probe Mars.

Indian Space Research Organisation (ISRO) mengumumkan persiapan peluncuran misi senilai US$73,5 juta ke Planet Mars yang dijadwalkan lepas landas tanggal 5 November jam 2:36 waktu setempat dari Satish Dhawan Space Centre di Sriharikota.

Wahana pengorbit Mangalyan seberat 1.350 kilogram yang diroketkan Polar Satellite Launch Vehicle seharusnya dijadwalkan 28 Oktober, tapi ditunda karena cuaca buruk. ISRO mengatakan tujuan utama untuk menguji teknologi India, mencari sidik jari kehidupan dan komposisi atmosfer Mars.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, Mangalyan meninggalkan orbit Bumi dan menempuh perjalanan ruang selama 10 bulan menggunakan sistem propulsi onboard sebelum masuk ke dalam 372 kilometer dengan 80.000 kilometer elips orbit di sekitar Mars.


Sejak didirikan pada tahun 1960, program ruang angkasa India terfokus membangun satelit untuk pencitraan potensi sumber air tanah dan memantau deforestasi. Kemudian tahun 2008 meluncurkan pengorbit Lunar Chandrayaan-1.

Proyek-proyek ini mungkin tampak tidak sesuai dengan tujuan pembangunan India, tapi K. R. Sridhara Murthi dari ISRO mengatakan misi Mars diharapakan memunculkan aplikasi seperti remote sensing dan membentuk generasi baru ilmuwan dan insinyur.

Bulan lalu rover NASA Curiosity tidak menemukan metana ketika menghirup udara Mars yang memunculkan skeptisme tentang tanda-tanda kehidupan di Planet itu. Bulan depan misi NASA MAVEN juga akan diluncurkan untuk menjawab teka-teki yang sama dengan suite instrumen lebih besar.
Gambar: ISRO
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment