Langsung ke konten utama

Exoplanet Kepler-78b Berbatu Seukuran Bumi

Laporan Penelitian - Exoplanet berbatu sangat panas dengan diameter dan massa terkecil selama ini. Objek padat seukuran Bumi menunjukkan planet terbuat dari hal yang sama seperti Bumi.

Planet Kepler-78b terletak 700 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Cygnus menjadi planet berukuran dan bermassa terkecil yang selama ini ketahui para ilmuwan. Kepler-78b terdeteksi tahun ini dari data wahana NASA Kepler yang sekarang telah lumpuh.

Kepler-78b bukan dunia pertama dalam ukuran dan massa 20 persen mirip Bumi karena ada Kepler-10b dan MOA-2007-BLG-192- Lb. Juga bukan pertama klaim berbatu karena ada COROT-7b tahun 2009. Tapi Kepler-78b yang pertama memiliki ketiga karakteristik sekaligus dan harapan hidup ramah di sana.

Tarikan gravitasi planet menyebabkan bintang sedikit meliuk bolak-balik yang terkompresi atau memperluas panjang gelombang cahaya bintang. Dua tim astronom menggunakan perubahan panjang gelombang cahaya untuk menghitung kecepatan di mana bintang bergetar.

Perhitungan kecepatan dan hasil pengukuran sebelumnya memberi kesimpulan massa planet dan kepadatan. Planet memiliki kepadatan 5,3 gram per sentimeter kubik, perkiraan lainnya 5,57 gram per sentimeter kubik. Kepadatan Bumi 5,515 gram per sentimeter kubik.

"Ini bukti eksistensi. Ketika Anda memiliki satu, Anda tahu alam dapat membuat planet berbatu seukuran Bumi di luar Tata Surya," kata Andrew Howard, astronom University of Hawaii di Honolulu.

Howard dan rekan menggunakan teleskop Keck di Hawaii untuk mengamati bintang. Pada saat yang sama, tim yang dipimpin oleh Francesco Pepe, astronom University of Geneva di Swiss, menggunakan teleskop HARPS-N di Spanyol La Palma Island.

Meskipun Kepler-78b mirip seperti Bumi yang terbuat dari batu dengan core besi, bagaimana pun, sulit untuk berharap ada surga yang menyimpan kehidupan. Orbit planet terkunci di sekitar bintang host setiap 8,5 jam dan suhu siang hari mungkin atas 2.000oCelcius.
Andrew W. Howard (Institute for Astronomy, University of Hawaii at Manoa, 2680 Woodlawn Drive, Honolulu, Hawaii 96822, USA) et al. A rocky composition for an Earth-sized exoplanet. Nature, 30 October 2013, DOI:10.1038/nature12767
Francesco Pepe (Observatoire Astronomique de l’Université de Genève, 51 chemin des Maillettes, 1290 Versoix, Switzerland) et al. An Earth-sized planet with an Earth-like density. Nature, 30 October 2013, DOI:10.1038/nature12768

Komentar

Popular

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…