Wednesday, September 18, 2013

Transisi Evolusioner Burung

Laporan Penelitian - Burung berasal dari kelompok kecil dinosaurus theropoda pemakan daging disebut maniraptorans sekitar 150 juta tahun lalu. Pertanyaannya bagaimana tubuh bagian depan berkembang jadi sayap?

Hans Larsson dari McGill University di Quebec dan rekan berangkat untuk menjawab pertanyaan dengan memeriksa data fosil dan memperluas analisis yang dilaporkan dalam beberapa tahun terakhir dari periode yang menandai leluhur burung.

"Burung mengalami perubahan mendadak dalam mekanisme evolusiner, tungkai depan dan kaki belakang tunduk pada kontrol panjang berbeda. Decoupling menjadi dasar keberhasilan burung, vertebrata paling beragam di Bumi saat ini," kata Larsson.

Sebagian besar sejarah dinosaurus karnivora memperlihatkan skala panjang tungkai relatif stabil dengan ukuran tubuh. Meskipun beragam perbedaan massa 5000 kali lipat antara Tyrannosaurus rex dan theropoda berbulu terkecil dari China.

Ekstremitas skala berubah pada leluhur ketika lengan depan dan kaki belakang mengalami decoupling dramatis. Perubahan mungkin penting yang memungkinkan burung awal berevolusi untuk penerbangan dan kemudian mengeksploitasi kanopi hutan.

Seperti perpanjangan forelimbs membuat jadi lebih lama untuk airfoil yang memungkinkan penerbangan bertenaga. Bila digabungkan dengan menyusutnya anggota tubuh belakang, burung mampu memperbaiki kontrol dan efesiensi penerbangan.

Kaki pendek membantu mengurangi hambatan penerbangan. Ini alasan burung modern melipat kaki saat terbang dan bertengger di cabang-cabang kecil di atas pohon. Kombinasi sayap penting untuk kelangsungan burung di saat reptil terbang pterosaurus mendominasi langit.

"Asal usul burung dan penerbangan merupakan transisi evolusi klasik. Mereka lebih dari sekedar garis keturunan lain maniraptorans dan berbagai bentuk serta ukuran ekstremitas," kata Alexander Dececchi dari University of South Dakota di Vermillion.

"Nenek moyang burung bukan penghuni pohon, tidak banyak ekologi anteseden. Mengetahui di mana burung berasal dan bagaimana mereka sampai hari ini sangat penting untuk memahami bagaimana dunia modern datang," kata Dececchi.
T. Alexander Dececchi (Biology Department, University of South Dakota, Vermillion, South Dakota), Hans C. E. Larsson (Redpath Museum, McGill University, Montreal, Quebec). Body and Limb Size Dissociation at the Origin of Birds: Uncoupling Allometric Constraints Across a Macroevolutionary Transition. Evolution, 2013; 67 (9): 2741 DOI:10.1111/evo.12150
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment