Langsung ke konten utama

Siput Gua Zospeum tholussum

Laporan Penelitian - Gua terdalam di Kroasia tersimpan siput transparan yang indah. Siput baru Zospeum tholussum tinggal di salah satu dari 20 sistem gua terdalam di dunia, Lukina Jama-Trojama.

Genus siput tanah yang telah kehilangan orientasi visual dan dianggap eutroglobionts atau penghuni gua eksklusif, Zospeum tholussum merupakan siput miniatur dan rapuh dengan kubah seperti cangkang tembus dan indah.

Hanya satu spesimen hidup ditemukan selama ekspedisi di sekitar galeri sistem Lukina Jama-Trojama. Fauna ditemukan pada kedalaman yang luar biasa lebih dari 980 meter dalam ruang yang penuh batu, pasir dan sungai kecil yang mengalir melewatinya.


Semua spesies penghuni gua genus Zospeum memiliki kemampuan bergerak terbatas. Preferensi habitat berlumpur dan umum di dekat sistem drainase gua, namun mereka tidak benar-benar bergerak. Para ilmuwan berhipotesis penyebaran pasif melalui transportasi air atau mamalia.

Lukina Jama-Trojama adalah sistem gua terdalam di Kroasia yang luar biasa vertikal, panjang dan total kedalaman 1.392 meter. Ekologi menarik karena memiliki 3 lapisan iklim mikro. Bagian es pertama bersuhu sekitar 1oC, bagian tengah suhu 2oC dan bagian bawah dengan suhu 4oC.
New Zospeum species (Gastropoda, Ellobioidea, Carychiidae) from 980 m depth in the Lukina Jama – Trojama cave system (Velebit Mts., Croatia)

Alexander M. Weigand1,2.
  1. Department of Phylogeny and Systematics, Institute for Ecology, Evolution and Diversity, Biosciences, Goethe-University Frankfurt, Max-von-Laue Straße 13, 60438 Frankfurt am Main, Germany
  2. Croatian Biospeleological Society, Demetrova 1, 10000 Zagreb, Croatia
Subterranean Biology, 30 August 2013

Akses : DOI:10.3897/subtbiol.11.5966

Gambar: Alexander M. Weigand, DOI:10.3897/subtbiol.11.5966

Komentar

Popular

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…