Friday, September 20, 2013

Saklar Efesiensi Reprogram Sel

Laporan Penelitian - Sel induk dibuat dengan efisiensi mendekati sempurna. Penghapusan protein tunggal meningkatkan hasil pemrograman ulang dan konsistensi.

Tim peneliti pertama kalinya mengkonversi sel kulit menjadi sel induk berbudaya dengan efisiensi mendekati sempurna. Dengan menghapus satu protein disebut Mbd3, tim di Weizmann Institute of Science di Rehovot, Israel, mampu meningkatkan tingkat konversi hampir 100 persen.

Temuan membuka jalan bagi para ilmuwan menghasilkan volume besar stok sel-sel induk dan mempercepat pengembangan pengobatan baru ketika pada tahun 2006 para ilmuwan pertama menunjukkan bahwa sel-sel dewasa bisa diprogram untuk bertindak seperti sel-sel embrionik.

Namun produksi sel induk pluripotent masih misterius. Tingkat konversi rendah telah menggagalkan upaya untuk mempelajari bagaimana proses repemrogram terjadi. Juga pengembangan teknik untuk menghasilkan sel induk di bawah kondisi ketat yang dibutuhkan untuk aplikasi terapeutik.

"Ini laporan pertama bahwa Anda dapat memrograman ulang seefisien mungkin. Mengejutkan bahwa memanipulasi molekul tunggal cukup untuk menyalakkan sel tunggal pluripotent dalam seminggu," kata Konrad Hochedlinger, biolog Harvard Medical School di Boston, Massachusetts.

Hanna dan tim menganalisis hambatan reprograman dengan garis sel tikus rekayasa di mana gen sudah dimasukkan dan dapat diaktifkan dengan molekul kecil. Sel-sel biasanya mampu reprogram di bawah 10% . Tapi ketika gen protein Mbd3 ditekan, harga melonjak hampir 100%.




Situs Resmi : Jacob Hanna’s Lab

Yoach Rais (The Department of Molecular Genetics, Weizmann Institute of Science, Rehovot 76100, Israel) et.al. Deterministic direct reprogramming of somatic cells to pluripotency. Nature, 18 September 2013, DOI:10.1038/nature12587
Video: Yoach Rais et.al., DOI:10.1038/nature12587
YouTube: http://www.youtube.com/PenelitianTV
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment