Tuesday, September 17, 2013

Rute Subur Sungai Kuno Sahara

Laporan Penelitian - Sungai terkubur di Sahara mungkin kesibukan awal. Manusia mungkin telah bermigrasi di wilayah tandus yang sesekali subur di sepanjang 3 saluran air.

Tiga sungai yang sekarang dikebumikan di bawah tumpukan pasir Gurun Sahara mungkin jalur cepat Zaman Batu. Sungai-sungai, masing-masing sebesar Sungai Rhine di Eropa, berkelok-kelok melintasi Sahara 125.000 tahun lalu.

Para ilmuwan mengusulkan hipotesis migrasi manusia awal mungkin mengikuti koridor subur. Laporan data satelit dan catatan geologis sebelumnya menyarankan lintasan sungai punah merayapi Sahara. Tapi bukti tidak bisa mengatakan kapan dan berapa banyak air mengalir dalam lanskap.

Sungai-sungai kuno muncul ketika angin monsun Afrika mengular hingga 1000 kilometer ke utara dan membawa hujan musiman di pegunungan Sahara tengah. Hujan berlari menuruni puncak dan mengalir menuju Laut Mediterania. Meskipun Sahara basah, banyak wilayah masih semi kering.

"Kami cukup pesimis apakah ada air cukup untuk melintasi padang pasir," kata Tom Coulthard, a hidrolog University of Hull di Inggris.

Coulthard dan rekan berpaling menggunakan simulasi berapa banyak hujan jatuh di pegunungan selatan Aljazair, Libya selatan dan Chad utara selama periode 25 tahun sekitar 125.000 tahun lalu. Kemudian topografi untuk melihat bagaimana air hujan mengalir dalam areal 12 juta kilometer persegi di Afrika Utara.

Dua sungai selalu hadir di bagian timur Libya, Chad utara dan barat Mesir sementara sungai ketiga adalah musiman 2000 kilometer ke barat di Aljazair. Selain itu lebih dari 70.000 kilometer persegi laguna dan lahan basah menutupi timur laut Libya.

Tanaman dan hewan yang tinggal di sekitar sungai mungkin menarik bagi manusia awal, para ilmuwan berspekulasi. Sungai membuat lembab, daerah pegunungan di selatan basah, daerah beriklim sedang sepanjang pantai Mediterania.

Sungai di Afrika 100.000 tahun lalu bisa membantu para ilmuwan untuk membuka jendela lebih jauh dan memahami bagaimana perilaku unik manusia awal seperti penggunaan manik dan pigmen menyebar di seluruh Afrika sekitar waktu ini.
Were Rivers Flowing across the Sahara During the Last Interglacial? Implications for Human Migration through Africa

Tom J. Coulthard1 et.al.
  1. Department of Geography, Environment and Earth Sciences, University of Hull, Hull United Kingdom
PLoS ONE, September 11, 2013

Akses : DOI:10.1371/journal.pone.0074834
Gambar: En wikipedia
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment