Skip to main content

Q-weak Melaporkan Biaya Proton

Laporan Penelitian - Fisikawan mengukur biaya proton untuk pertama kalinya. Temuan juga mencakup penentuan muatan lemah neutron serta up quark dan down quark.

Kolaborasi fisikawan internasional yang eksperimen di Thomas Jefferson National Accelerator Facility menentukan pertama kalinya muatan lemah proton. Gaya lemah adalah salah satu dari 4 gaya fundamental alam semesta bersama dengan gravitasi, elektromagnetisme dan gaya kuat.

Meskipun gaya lemah hanya bertindak pada tingkat sub atom, kita bisa melihat efeknya pada dunia sehari-hari yang memainkan peran kunci dalam proses reaksi nuklir dalam bintang dan bertanggung jawab pada banyaknya kehadiran radiasi di alam semesta.

Hasil ini konsisten dengan model standar fisika partikel dan kekecewaan bagi mereka yang berharap kekuatan alam aneh akan mengungkap sesuatu yang lebih eksotis. Tapi ini juga merupakan temuan awal sehingga gaya belum bisa menunjukkan jalan bagi fisika baru di luar model standar.

Fisikawan berspekulasi pemeriksaan lebih lanjut terhadap gaya lemah mungkin memegang petunjuk perilaku eksotis lainnya. Mereka sebelumnya telah mengukur tarikan pada partikel lain termasuk elektron, tetapi tidak pernah berhasil pada proton.

"Kami mencari sensitivitas lemah untuk sesuatu yang mungkin tidak ada dalam model standar," kata Shelley Page, fisikawan University of Manitoba di Kanada dan anggota the Q-weak collaboration.

Mereka menembak sinar elektron pada target proton dalam properti mekanika kuantum elektron pada arah berlawanan jarum jam 1000 kali per detik. Perilaku berkas elektron didominasi daya tarik elektromagnetik antara proton dan elektron dengan hanya pengaruh kecil dari gaya lemah.

Mengukur setepat mungkin 200 bagian per miliar setara presisi dengan mengukur ketebalan selembar kertas diletakkan di atas Menara Eiffel. Analisis awal dari data eksperimen menghasilkan nilai Qpw = 0,064 ± 0,012 yang dalam perjanjian baik dengan Model Prediksi Standard Qpw (SM) = 0,0710 ± 0,0007.
Situs Resmi : Q-weak

Profile Peneliti : Shelley Page

First Determination of the Weak Charge of the Proton

Qweak Collaboration

arXiv (last revised 2 Sep 2013)

Akses : arXiv:1307.5275
Gambar: Q-weak

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…