Thursday, September 26, 2013

M60-UCD1 Galaksi Super Padat

Laporan Penelitian - Astronom menggunakan NASA Hubble Space Telescope, Chandra X-ray Observatory dan teleskop optik berbasis darat menemukan galaksi terpadat di alam semesta terdekat, M60-UCD1.

"Galaksi ini lebih besar dibanding dwarf ultra-kompak dengan ukuran sebanding dan bisa dibilang galaksi terpadat yang dikenal di alam semesta lokal," kata Jay Strader, astronom Michigan State University.

Dijuluki galaksi M60-UCD1 terletak di dekat galaksi elips Messier 60 sekitar 54 juta tahun cahaya. M60-UCD1 bermassa lebih dari 200 juta Matahari, lebih dari setengahnya terkonsentrasi dalam radius hanya 80 tahun cahaya.

Kepadatan bintang di wilayah itu 15.000 kali lebih banyak dibanding apa yang ditemukan di kawasan Bima Sakti. Sebuah galaksi metropolitan mungkin para penghuni di sana saling menyapa menggunakan pesawat ruang angkasa dalam beberapa waktu saja.


"Perjalanan dari satu bintang ke yang lain menjadi jauh lebih mudah di M60-UCD1 daripada di galaksi kita. Bintang begitu lebih dekat, ini hanya mengambil sebagian kecil dari waktu," kata Strader.

Aspek lain yang menarik dari M60-UCD1 adalah adanya sumber emisi sinar-X terang di tengahnya. Satu penjelasannya adalah lubang hitam raksasa bermassa sekitar 10 juta kali massa Matahari. Para ilmuwan mencoba menentukan asal-usul mengapa M60-UCD1 bisa begitu rapat.
The Densest Galaxy

Jay Strader1 et.al.

arXiv (last revised 14 Aug 2013)

Akses : arXiv:1307.7707

Gambar 1: NASA/STScI; Gambar 2: NASA/STScI/CXC/MSU/J.Strader et al
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment