Monday, September 9, 2013

Kumbang Air Hydraena ateneo

Laporan Penelitian - Spesies baru kumbang ditemukan tepat di samping kota terpadat di dunia. Di hutan megacity, Kumbang Air Hydraena ateneo terselip dari catatan sains.

Kota Manila di Filipina rumah lebih dari 1,6 juta orang per 15 mil persegi, salah satu kota paling padat. Metropolitan Manila dengan jumlah penduduk sekitar 12 juta orang jadi Megacity ke-10. Tampaknya tidak mungkin menemukan spesies baru.

Tapi dalam tumpukan pasar, gang dan gedung pencakar langit, Ateneo de Manila University melestarian 200 acre kampus sebagai hutan kota termasuk kolam dan sungai kecil. Ketika mahasiswa biologi dan fakultas melakukan survei hutan, mereka menemukan sesuatu luar biasa.

Spesies baru kumbang air Hydraena ateneo sebelumnya tidak dikenal dalam catatan ilmu pengetahuan. Mahasiswa Arielle Vidal dan Kimberly Go mengumpulkan beberapa lusin kumbang air di sungai bergerak lambat.


Serangga yang makan bakteri dan jamur terjebak dalam serasah daun. Kumbang Hydraena ateneo berkisar antara 1,25 hingga 1,33 milimeter. Hendrik Freitag, entomolog Ateneo de Manila University, membandingkan koleksi di Jerman, Denmark dan Austria, ia tak menemukan kelompok kumbang terkiat dari Filipina.

Ini adalah pemikiran baru di balik program Keanekaragaman Hayati Perkotaan PBB dan panggilan untuk melestarikan habitat alami kecil di sela-sela antara jalan dan bangunan kita bahwa spesies tak dikenal dapat ditemukan bersembunyi di area urban, tepat di bawah kaki kita.

Hydraena (Hydraenopsis) ateneo, new species (Coleoptera, Hydraenidae) and other aquatic Polyphaga from a small habitat patch in a highly urbanized landscape of Metro Manila, Philippines

Hendrik Freitag1
  1. Ateneo de Manila University, Department of Biology, School of Science & Engineering, Loyola Heights, Quezon City 1101, the Philippines
ZooKeys, 5 September 2013

Akses : DOI:10.3897/zookeys.329.5955

Gambar: Hendrik Freitag, DOI:10.3897/zookeys.329.5955
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment