Langsung ke konten utama

Gen Link Tangan Kanan-Kidal

Laporan Penelitian - Gen simetritas tubuh pengontrol kewenangan. Kidal dan nonkidal dapat ditentukan oleh gen pengatur posisi organ tapi tidak ada gen tunggal kewenangan.

Lebih dari 10 persen orang menggunakan tangan kiri dan rasio ditemukan di setiap populasi dunia. Tapi menemukan gen bukan tugas sederhana. Puluhan gen mungkin terlibat yang berarti satu orang kidal mungkin disebabkan varian satu gen, sementara orang lain membawa varian gen berbeda.

"Tidak ada gen tunggal kewenangan," kata Chris McManus, neuropsikolog University College London.

Sekarang William Brandler, genetikawan University of Oxford, dan rekan melakukan sapuan statistik DNA pada 3.394 orang. Studi asosiasi genom sering digunakan ilmuwan untuk mengungkap gen yang berkontribusi terhadap sifat kompleks.

Brandler mengamati 100.000 mutasi umum dalam genom responden dan menemukan gen PCSK6 paling berkorelasi dengan kewenangan. PCSK6 memainkan peran kunci perkembangan asimetri tubuh. Mengacaukan gen ini pada tikus menyebabkan organ membentuk ke salah satu sisi.

Tapi kewenangan adalah sifat kompleks dikendalikan gabungan gen tak terhitung jumlahnya. Ini mungkin menjelaskan mengapa perkidalan evolusi manusia masih bertahan di dunia yang didominasi kanan. Satu teori menyatakan simetritas memiliki link ke dalam pemrosesan bahasa.

"Kebanyakan orang menunjukkan dominasi kiri untuk fungsi bahasa," kata Brandler.

Bahasa jadi makin penting bagi leluhur manusia dan otak kiri mengontrol sisi kanan tubuh mengambil peran utama. Orang-orang secara eksklusif semakin menggunakan tangan kanan. Dengan kata lain dominasi kewenangan organ di semua budaya adalah efek samping bahasa.

Simpanse dan bonobo menggunakan array gerakan tangan untuk berkomunikasi dan area kiri otak yang berhubungan dengan bahasa seperti kortikal pada manusia. Studi meta analisis hominidae menyarankan bahwa simpanse di alam liar sekitar 50:50 kidal.
Profile Peneliti : William Brandler

Common Variants in Left/Right Asymmetry Genes and Pathways Are Associated with Relative Hand Skill

William M. Brandler1,2 et.al.
  1. Wellcome Trust Centre for Human Genetics, University of Oxford, Oxford, United Kingdom
  2. MRC Functional Genomics Unit, Department of Physiology, Anatomy & Genetics, University of Oxford, Oxford, United Kingdom
PLOS Genetics, September 12, 2013

Akses : DOI:10.1371/journal.pgen.1003751

Komentar

Popular

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…