Wednesday, September 25, 2013

Birokrasi dan Agama dari Perang

Laporan Penelitian - Kerajaan, birokrasi dan agama muncul dari perang. Simulasi komputer menunjukkan kompleksitas konsolidasi konflik politik kuno dan abad pertengahan.

Perang mendorong pembentukan lembaga-lembaga sosial kompleks seperti birokrasi dan agama untuk menyiasati stabilitas masyarakat dan beragam etnis. Para ilmuwan menguji teori dalam simulasi dan membandingkan hasilnya dengan data historis.

Kerajaan muncul sebagai tanggapan terhadap tekanan dinamika perang antar negara-negara kecil. Satu loop yang berangkat untuk memahami mengapa para individu mengeluarkan biaya mahal untuk membagun dan memelihara lembaga-lembaga sosial.

"Model kami menunjukkan hal ini karena membantu masyarakat ketika bersaing satu sama lain," kata Peter Turchin, dinamisian University of Connecticut di Storrs.

Turchin dan rekan melihat sejarah persaingan paling sengit dunia yaitu di Afrika dan Eurasia antara 1500 Pra Masehi dan 1500 Pasca Masehi. Pada milenium pertama PM, nomaden di stepa Eurasia mulai menciptakan teknik persenjataan proyektil yang paling efektif sampai mesiu.

Teknologi berkembang dan menyebar menjadi kereta dan kavaleri. Konflik semakin intensif. Para peneliti mengembangkan model di mana Afrika dan Eurasia dibagi ke dalam grid sel 100 kilometer. Setiap sel ditandai sesuai jenis lanskap, elevasi permukaan laut dan pertanian.

Pada awal simulasi setiap sel pertanian dihuni sebuah negara merdeka dan negara-negara di perbatasan antara masyarakat agraris dan stepa yang diunggulkan dengan teknologi militer. Difusi teknologi memberi efek pada intensitas peperangan dan pengembangan lembaga-lembaga sosial.

Turchin dan rekan mengusulkan pendekatan sistematika sejarah untuk menguji hipotesis terhadap data yang besar disebut dengan Cliodynamics. Clio berasal dari sejarah Yunani kuno. Klaim granularitas yang sangat kasar dan minimal memaksa spesialis untuk berpikir secara holistik tentang masyarakat.

Membangun sebuah database global informasi sejarah tidak gampang. Memprediksi perilaku ekstrim dalam banyak cara yang sama seperti epidemiologi memprediksi wabah penyakit memungkinkan sistem yang tak terbatas.
War, space, and the evolution of Old World complex societies

Peter Turchin1 et.al.
  1. Department of Ecology and Evolutionary Biology, University of Connecticut, Storrs, CT 06235-3042
Proceedings of the National Academy of Sciences, September 23, 2013

Akses : DOI:10.1073/pnas.1308825110
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment