Monday, August 26, 2013

Olinguito Bassaricyon Neblina

Di kanopi hutan berawan Andes, mamalia pertama urutan karnivora yang ditemukan di Amerika dalam kurun 35 tahun.
Laporan Penelitian - Di hutan pengunungan yang selalu berkabut, mamalia terlihat seperti beruang Teddy. Dunia olinguito tampak persilangan boneka beruang dan kucing rumah.

Olinguito (Bassaricyon Neblina) termasuk dalam kelompok mamalia olingos yang bersaudara dekat dengan musang dan coatis.

Sekitar 10 tahun lalu Kristofer Helgen, biolog Smithsonian Institution di Washington DC., dan rekan mencoba mencari tahu berapa banyak spesies olingo dan bagaimana saling terkait. Setelah memeriksa spesimen di museum, Helgen menemukan beberapa yang luar biasa kecil dari dataran tinggi.

Semua olingos lain hidup di dataran jauh lebih rendah. Helgen menyadari miniatur olinguitos harus menjadi spesies terpisah. Tidak ada orang lain yang menyelidiki, meskipun olinguitos hidup telah dipamerkan di banyak kebun hewan.


Di lereng barat Andes, olinguitos memiliki berat kurang dari 1 kilogram, menghabiskan hampir seluruh waktu di pohon-pohon dan sebagian besar aktif di malam hari. Meskipun termasuk kelompok karnivora, sebagian besar mereka makan buah.

"Hutan awan Andes adalah dunia adalah dunia milik mereka sendiri, diisi dengan banyak spesies yang terancam atau hampir punah," kata Helgen.

Profile Peneliti : Kristofer Helgen

Taxonomic revision of the olingos (Bassaricyon), with description of a new species, the Olinguito

Kristofer M. Helgen1 et.al.
  1. Division of Mammals, National Museum of Natural History, NHB 390, MRC 108, Smithsonian Institution, P.O. Box 37012, Washington, DC 20013-7012, USA
ZooKeys

Akses : DOI:10.3897/zookeys.324.5827

Gambar: Mark Gurney

Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment