Skip to main content

Lompatan Calindoea trifascialis

Laporan Penelitian - Lompatan kepompong menyelamatkan nyawa ulat. Dunia kepompong mungkin kecil, tapi tidak menghentikan hasrat mereka untuk melakukan perjalanan.

Di hutan Vietnam, ulat Calindoea trifascialis mempersiapkan diri untuk transformasi dengan memanjat pohon, membungkus diri dalam sehelai daun dan menyegel dari dalam. Ketika tumbuh jadi bentuk dewasanya, larva jatuh ke lantai hutan.

Perjalanannya tidak berakhir. Setelah di tanah, tubuh ulat sedemikian rupa dalam gulungan daun mulai melompat-lompat. Panjang bundelan hampir 1cm melompat-lompat hingga selama 3 hari untuk menjauh dari cahaya.

Meskipun pupa melakukan menjalankan berisiko menarik predator di lantai hutan, mereka melompat agar terhindar dari proses pengeringan sinar Matahari yang mengancam ulat ketika menunggu untuk dilahirkan kembali sebagai ngengat.








Kim Humphreys and D. Christopher Darling (Department of Natural History, Royal Ontario Museum, 100 Queen's Park, University of Toronto, Toronto, ON, Canada M5S 2C6; Department of Ecology and Evolutionary Biology, University of Toronto, Toronto, ON, Canada M5S 2C6). Not looking where you are leaping: a novel method of oriented travel in the caterpillar Calindoea trifascialis (Moore) (Lepidoptera: Thyrididae). Biology Letters, 21 August 2013, DOI:10.1098/rsbl.2013.0397
Gambar dan Video: The Royal Society
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.