Friday, August 30, 2013

HIP 102152 Kembaran Matahari

Laporan Penelitian - Saudara kembar Matahari tapi lebih tua menikmati hari tua 250 tahun cahaya dari Bumi. Hampir 2 kali lebih tua, bintang memberi sekilas masa depan Matahari.

Ketika Matahari memasuki usia senja, kemungkinan akan terlihat seperti bintang HIP 102152. Dalam hal komposisi massa, suhu dan kimia, HIP 102152 adalah pertandingan terdekat dengan Matahari yang pernah ditemukan, laporan para astronom di sebuah konferensi pers.

Tapi ia juga hampir 4 miliar tahun lebih tua, meramalkan kisah sekilas yang menggoda apa yang mungkin terjadi dengan Matahari 4,6 miliar tahun kemudian. Surya kembar membantu mengkontekstualisasikan Matahari sebagai bintang, langkah yang mewakili Matahari pada berbagai tahap evolusi.

HIP 102152 memberikan wawasan tentang lithium, sebuah elemen jumlah besar dalam beberapa bintang, tetapi hampir tidak ada di Matahari. Sekarang para peneliti menemukan bahwa kandungan lithium bahkan kurang dari Matahari di HIP 102152.

18 Scorpii, bintang kembaran Matahari sebelumnya yang diidentifikasi lebih muda, mengandung lithium lebih banyak. Temuan menunjukkan bahwa panas, interior berputar dari bintang mirip Matahari secara bertahap membakar lithium seiring usia.

Seperti Matahari, HIP 102152 memiliki jumlah relatif rendah zat besi, magnesium, silikon dan elemen yang cenderung membuat sebagian massa planet berbatu seperti Bumi. Suatu tanda bahwa host bintang planet baru ditemukan.

Para peneliti menggunakan teleskop La Silla 3,6 meter di Chile untuk mencari tahu. Sejauh ini mereka mengesampingkan keberadaan planet bermassa Jupiter, tapi yang kecil berbatu masih mungkin.

Mencari bintang hampir identik dengan Matahari menjadi tugas sulit karena bintang cenderung memiliki kebiasaan dan anomali. Plus memakan waktu dan biaya mahal untuk secara tepat mengukur sifat sebuah bintang.

Astronom internasional melakukan survei langit untuk berburu kembaran Matahari sejak tahun 2006. Analisis rinci dengan Very Large Telescope milik European Southern Observatory di Chile mendeskripsi HIP 102152 adalah 97 persen lebih masif dari Matahari, 54 derajat Celcius lebih dingin dan memiliki 20 unsur kimia.

Dengan umur 8,2 milyar tahun, HIP 102152 adalah saudara kembar Matahari. Dalam waktu kurang dari 2 miliar tahun, core bintang kehabisan hidrogen dan membalon hingga ratusan kali. Ketika terjadi pada Matahari, Bumi akan ditelan dan terbakar.






Situs Resmi : European Southern Observatory (ESO)

High Precision Abundances of the Old Solar Twin HIP 102152: Insights on Li Depletion from the Oldest Sun

TalaWanda R. Monroe et.al.

ESO

Akses : ESO Preprint

Gambar: ESO/Digitized Sky Survey 2. Acknowledgement: Davide De Martin
Video: ESO/Digitized Sky Survey 2/Nick Risinger (skysurvey.org)/Movetwo (atas); ESO/M. Kornmesser (bawah)
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment