Monday, August 26, 2013

Genera Baru Bambu Gunung Afrika

Laporan Penelitian - Dua genera baru Bambu Gunung di Afrika Bergbambos dan Oldeania. Genera baru diwakili spesies Bergbambos tessellata dan Oldeania alpine.

Hampir semua bambu ditemukan di Asia atau Amerika Selatan, maka Bambu Gunung Afrika telah menjadi misteri yang tersembunyi di gunung-gunung tropis yang menyediakan makanan bagi gorila, mirip bambu China menyediakan makanan untuk Panda Raksasa.

Tampaknya ada 2 spesies dimana para ilmuwan sudah berpikir bahwa Bambu Afrika sangat erat terkait dengan ratusan bambu serupa di Asia, namun terpisah jarak ribuan mil karena bambu berbunga merupakan peristiwa langka, menyebar dengan biji membutuhkan waktu yang sangat lama.

"Fitur dan DNA bambu Afrika tentu berbeda dengan Asia Timur, tetapi masih belum jelas apakah mereka benar-benar cukup berbeda untuk mewakili leluhur semua bambu Asia," kata Chris Stapleton, spesialis bambu dari Inggris.

Kecurigaan muncul. Bambu begitu tua untuk mewakili genera baru dan bahkan mungkin menjadi sisa-sisa bambu ketika iklim awal Bumi yang menyebar ke Asia seiring hanyut lempeng tektonik. Dengan demikian fitur bambu Gunung Afrika signifikan berbeda dengan Asia.

"Perlu untuk berburu dan mempelajari bambu gunung di Sri Lanka dan Madagaskar dan memasukkannya ke dalam analisis yang lebih luas untuk memastikan," kata Stapleton.
Profile Peneliti : Chris Stapleton
Bergbambos and Oldeania, new genera of African bamboos (Poaceae, Bambusoideae)

Chris M. A. Stapleton1
  1. Chandos Close, Amersham, HP6 6PJ, United Kingdom
PhytoKeys
Akses : DOI:10.3897/phytokeys.25.6026

Gambar: Chris Stapleton, DOI:10.3897/phytokeys.25.6026
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment