Tuesday, August 27, 2013

Bayi Belajar Suara Sebelum Lahir

Laporan Penelitian - Bayi mempelajari kata-kata sebelum kelahiran. Respon otak menunjukkan bayi dapat membedakan suara yang berbeda dari versi yang diubah.

Orangtua harus lebih baik dalam bahasa mereka. Bayi bisa mendengar kata-kata tertentu dari dalam rahim dan mengingatnya pada hari-hari setelah kelahiran. Laporan baru menambah pemahaman bagaimana lingkungan akustik awal membentuk perkembangan otak.

Penelitian sebelumnya menemukan janin dapat mendengar dan belajar suara-suara tertentu. Sajak, vokal dan suara ibu mempengaruhi bayi yang sedang berkembang. Namun studi baru menunjukkan janin bisa mendeteksi dan mengingat kata-kata diskrit.

"Kemampuan belajar janin jauh lebih spesifik dari yang kita duga," kata Eino Partanen, kognisian University of Helsinki.

Partanen dan rekan menggunakan kata untuk menguji kata tertentu masuk ke otak janin. Sekitar 5 sampai 7 kali seminggu selama trimester ketiga, 17 wanita hamil Finlandia diperintahkan memutar rekaman seorang wanita mengucapkan kata Tatata dalam 4 menit.

Lima hari setelah kelahiran, bayi sekali lagi mendengar rekaman. Elektroda melekat di kepala bayi ketika Partanen dan rekan mencari tanda tertentu, sebuah sentakan saraf respon ketidakcocokan. Tanggapan ini menunjukkan tingkat keakraban.

Ketika rekaman mencapai perubahan versi, bayi yang telah terkena rekaman dalam rahim menunjukkan respon ketidakcocokan, sedangkan 16 bayi yang belum mendengar rekaman sebaliknya. Hasil ini menunjukkan bayi hanya menyimpan memori versi normal Tatata.

Tidak jelas berapa lama kata terakhir dikenang. Dalam studi tersebut, janin terakhir mendengar rekaman 5 hari sebelum kelahiran, tapi memori bisa lebih lama dari itu. Studi ini melampaui laporan sebelumnya yang bergantung pada perubahan perilaku tidak langsung.

"Kita telah memiliki cukup banyak penelitian tentang perilaku tapi tidak begitu banyak pada otak," kata Christine Moon dari Pacific Lutheran University di Tacoma.

Laporan baru memiliki implikasi bagi intervensi dini pada anak-anak yang mungkin berisiko masalah bahasa dan menyertai beberapa jenis disleksia. Kata hati-hati dirancang atau fitur pidato yang dimainkan selama kehamilan mungkin terbukti bermanfaat.
Learning-induced neural plasticity of speech processing before birth

Eino Partanen1,2 et.al.
  1. Cognitive Brain Research Unit, Cognitive Science, Institute of Behavioral Sciences, University of Helsinki, 00014, Helsinki, Finland
  2. Finnish Center of Excellence in Interdisciplinary Music Research, Department of Music, University of Jyväskylä, 40014, Jyväskylä, Finland
Proceedings of the National Academy of Sciences, August 26, 2013

Akses : DOI:10.1073/pnas.1302159110

Gambar: Veikko Somerpuro/University of Helsinki
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment